Kategori
Baju Pengantin

Mengintip Baju Pengantin Khas Lombok

Ini dia model baju pengantin suku sasak lombok, prosesi nyongkolan yang sangat khas

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki budaya yang khas apalagi masalah pernikahan yang sangat sakral dan bersejarah. Kita bisa melihat keunikan tersebut dari banyak faktor selain budaya seserahan, kemudian bagaimana prosesi melamar dan tentu saja dari kostum baju pengantin yang di kenakan.

Lombok adalah salah satu wilayah yang sangat unik. Dominana di Pulau Lombok masyarakatknya beragama Islam. Jadi dalam prosesi pernikahan juga sangat kental dengan budaya muslim, hampir semua pengantin wanita disana mengenakan hijab dalam prosesi akad sampai dengan resepsi mereka.

Kali ini kita akan menyoroti sedikit saja bagaimana keunikan baju pengantin khas suku sasak ini. Ini dia beberapa koleksinya dan nanti kita akan bahas juga sejarah lainya.

Baju Pengantin Khas Lombok

Ini dia salah satu baju setelan pengantin suku sasak

Kita mulai bahas satu persatu. Dimana busana pengantin yang dikenakan dalam model diatas masih sangat original sekali dengan budaya sasak lombok.

Kemudian dalam potret diatas adalah salah satu desain busana setelan yang lengkap dengan pendampingnya. Dimana dalam adat lombok prosesi nikahan akan sangat ramai sekali dengan kostum yang serupa.

Ini adalah potret nyongkolan pada budaya pernikahan suku sasak. Dimana nyongkolan sendiri singkatnya adalah kalian pengantin akan keliling jalan provinsi kemudian di iringi oleh pendamping.

Kerap kali acara nyongkoloan ini menimbulkan kemacetan di jalan. Maka dari itu perlu di kaji lebih dalam bagaimana caranya berjalan lancar tanpa harus mengganggu ketertiban umum.

Sekilas memang hampir mirip dengan budaya bali. Bisa kita lihat dari payung yang digunakan dalam mengiringi pengantin wanita. Kemudian bagaimana busana pengirinya juga, namun bali dan lombok tentu tidak sama meskipun banyak kesamaanya.

Terkahir kami berikan potret kebaya pengantin khas lombok lainya kepada anda. Siapa tahu anda atau saudara anda ingin menikah di lombok menggunakan adat disana.

Ow ya, dalam acara ini tentu akan melibatkan banyak orang. Prosesi pernikahan khas lombok lengkap dengan budaya nyongkolanya bisa dikatakan saat ini masih mahal.

Jadi kalau kalian hanya memegang bajed 50 juta saja masih kurang banyak, karena akan menyewa polisi sebagai pengawal keteriban, kemudian gendang belek sebagai pengiringnya sampai dengan menyewa ratusan kostum pendamping.

Tinggalkan komentar